Saturday, January 5, 2019

Sistem Penglolaan Apotek | FarmasiGoo24

Mengenal Sistem Penglolaan Apotek




Sistem penglolaan apotek sesuai dengan fungsi dan tugas apotek, meliputi :

- Membuat, menglola, meracik, mengubah bentuk, mencampur obat dan bahan obat untuk melayani resep dokter yang berpraktek di apotek, serta menyerahkan kepada pasien.
-Memberikan pelayanan langsung tanpa menggunakan resep khusus untuk obat bebas dan obat bebas terbatas.

Secara garis besar ada tiga hal yang sangat penting dalam penglolaan apotek yaitu :

A. Penglolaan Umum

Penglololaan Administrasi dan umum di apotek sebagian besar dilakukan oleh PSA ( Pemilik              Sarana Apotek ) sendiri tetapi ada juga asisten apoteker yang membantu, baik dalam penjualan melalui resep maupun obat bebas. Laporan keungan kemudian dibukukan dan dilakukan rekapitulasi bulanan dan tahunan. Pemasukan apotek antara lain berasal dari penjualan obat bebas (OTC) dan penjualan obat melalui resep, sedangkan pengeluaran antara lain untuk pembelian perbekalan farmasi, pembayaran hutang, gaji karyawan, tunjangan dan pajak.

B. Penglolaan Obat

1) Perencanaan barang
 Untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pembeli, dilakukan suatu kegiatan perencaan barang, tentunya dengan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomis. Barang ini meliputi obat, bahan obat, alat kontrasepsi dan alat-alat kesehatan yang diperdagangkan oleh Apotek. Perencanaan barang yang akan dilaksanakan perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti perbekalan farmasi yang laris terjual, obat-obat yang sering diresepkan oleh dokter dan juga mempertimbangkan diskon serta bonus yang ditawarkan oleh PBF tertentu.


2) Pengadaan Barang
Pengadaan barang dilakukan setiap hari dengan order ke PBF melalui salesman yang datang setiap hari, untuk melaksanakan pengadaan barang di apotek harus di ketahui oleh apoteker kemudian dilaksanakan oleh asisten apoteker.
Sebelmm melakukan kegiatan pengadaan barang perlu kita perhatikan hal-hal sebagai berikut :

- Buku Order/Buku Defecta/Buku Habis

- Rencana Anggaran Pembelian.

- Daftar harga terkahir.

- Pemilihan PBF yang ssesuai dengan pertimbangan diskon jangka waktu pembayaran, pelayanan yang baik dan tepat waktu serta kualitas barang.

Mau tau keseharian saya dan berinteraksi dengan saya? Follow saya di Instagram : Disini

Terimakasih Telah Berkunjung 

0 comments:

Post a Comment